Cari Barang Hilang dengan Smartphone

9:39 AM 2 Comments

U Grok It is a smartphone-based system that allows you to find missing items, that have be...
Bismillahirrahmanirrahiim
Siapa yang tidak pernah kehilangan suatu barang? Pasti walaupun hanya benda-benda kecil kita semua pernah mengalaminya. Nah, kalau hanya benda-benda kecil yang tidak begitu berarti hilang mungkin tidak begitu masalah. Namun apa yang terjadi jika benda kecil itu bernilai sangat besar, misalnya kunci mobil BMW, atau kunci brankas, pasti kita akan uring-uringan dan cepat naik darah hihihii...

Bukan teknologi kalau tidak terjadi suatu inovasi-inovasi baru. Salah satunya adalah teknologi yang diperkenalkan oleh "U Grok It". Perangkat ini adalah suatu sistem yang berbasis smartphone yang berfungsi untuk dapat melakukan pencarian berbagai barang Anda yang hilang. Bentuknya menyerupai case smartphone, dan di dalamnya terdapat sebuah sistem yang dapat melacak keberadaan label sebagai penanda barang melalui frekuensi radio. Label inilah yang nantinya dapat Anda pasangkan pada kunci mobil BMW, Ferarri, atau bahkan anak kucing kesayangan Anda (kalau punya hehehe...)

Alat penerima sinyal dari label yang disebut dengan Grokker menyerupai case dari smartphone. Grokker ini dihubungkan dengan smartphone dengan jack audio 3.5 mm. Layar smartphone berfungsi sebagai display dari proses dan  hasil dari pencarian sinyal dari label, termasuk arah dimana barang tersebut berada.    
Kelebihannya dari sistem ini adalah kemudahannya dalam melakukan pemandaian barang-barnag yang sudah dilengkapi oleh pemancar/label. Label tersebut tidak memerlukan baterai sebagai sumber dayanya sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan akan selalu siap sedia.
Namun kelemahannya masih ada, yakni jangkauan penerimaan sinyal yang dapat ditangkap Grokker masih berkisar antara 1,8 sampai 3 meter. Dapat dibayangkan apabila kunci yang kita cari jatuh di jalanan yang luas, atau di taman yang luas maka sangatlah sulit kita melakukan pemindaian terhadap siyal yang dipancarkan label tersebut.
Sistem ini masih dalam bentuk prototipe, sehingga masih akan dikaji kelemahan-kelemahan yang ada, sehingga siap untuk diproduksi secara massal. 

Wassalam

Seorang Online Entrepreneur. Suka travelling, Online Marketing juga Networking.

2 comments:

  1. keren gan alatnya, itu alatnya berapaan ya?

    ReplyDelete
  2. kayaknya blm diproduksi scr massal, tar kl dah ada infonya pasti ane posting dah...

    ReplyDelete