Head up Display System

7:56 PM 0 Comments


Assalamu'alaikum 

HUD (Head Up Display System) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan untuk memproyeksikan gambar, data dan keterangan-keterangan lain ke dalam berbagai media layar transparan seperti kaca, dimana penggunanya tidak perlu melihat dari sudut pandang yang biasa.

Sistem ini sebenarnya sudah cukup lama diperkenalkan sekitar tahun 1950, dimana saat itu terjadi perang dunia kedua. Pada saat itu dipergunakan pada panel instrumen di tengah daerah pandang pilot yaitu antara kaca depan dan pilot itu sendiri. Gunanya yaitu untuk memunculkan data-data dan keterangan-keterangan tentang keadaan didaerah di depan pesawat sekaligus jika ada musuh yang menghadang.
Sekarang selain biasa dipergunakan pada panel pesawat tempur, HUD ini diaplikasikan pada ponsel, mobil dan gadget-gadget yang lain.
Pada mobil fungsinya masih sama yaitu memberitahukan keterangan-keterangan seperti, kecepatan, tekanan udara, tekanan ban, termasuk keadaan cuaca pada saat itu. Fungsi ini pertama kali diperkenalkan pada mobil BMW yang fugsi utamannya memberikan kenyamanan bagi pengemudi.
Gadget yang menggunakan teknologi ini contohnya seperti produk dari Lumus OE-31. Yaitu merupakan layar tembus pandang yang dapat dikenakan ke segala jenis perlengkapan, mulai dari kacamata, helm, kacamata ski, dan lain sebagainya. 
Bahkan Google kabarnya juga sedang mengembangkan sebuah kacamata yang disebut dengan "Google Glasses" yang dapat menampilkan informasi secara real time dari internet. Bahkan seperti halnya smartphone, kita dapat berselancar, ataupun SMS dan mengirim e-mail tanpa harus menggunakan jari. Wow semakin hebat saja teknologi sekarang ini, mengingatkan kita akan kacamata Arnold Schwardzenegger yang dipakai dalam film Terminator. Kita tunggu saja kelanjutannya sob...


Wassalam ...     

Seorang Online Entrepreneur. Suka travelling, Online Marketing juga Networking.

0 comments: