Penting Ga Sih Bisnis Online?

9:09 PM 0 Comments



Assalamu'alaikum wr.wb

Mungkin bagi sebagian orang beranggapan bahwa bisnis ini masih merupakan sesuatu yang langka, sulit, dan hanya angan belaka dikarenakan masih sedikit lembaga atau sekolah-sekolah yang khusus mengajarkan ilmu ini. Bisnis ini muncul berbarengan dengan gencarnya teknologi internet masuk ke Indonesia.


Bahkan banyak pengusaha sukses dengan bisnis offline menganggap bisnis online ini hanya cocok di dunia maya saja, namun ketika kembali ke dunia nyata tidaklah cocok untuk mencari keuntungan/benefit.
Faktanya, sekarang banyak pelaku bisnis online yang notabene berasal dari kalangan pemula. Seperti karyawan biasa, para pegawai lepas, swasta, bahkan ibu rumah tangga yang menggantungkan penghasilannya dari bisnis internet ini.
Beberapa bisnis online yang berasal dari Indonesia yang telah berhasil sukses diantaranya adalah Kaskus.id, "Gojek" yang menjadikannya sebagai fenomena transportasi modern, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya. Dan hampir setiap saat bermunculan starter-starter bisnis online yang menawarkan berbagai macam bentuk terobosan baru.     
Bisnis ini dapat dijadikan penambah penghasilan atau bahkan pekerjaan utama, hanya dengan modal usaha yang tidak terlalu banyak. Cukup dengan seperangkat komputer/laptop, koneksi internet, membuat blog atau web, ditambah sedikit ilmu tentang bisnis online maka mereka sudah dapat terjun untuk mencari penghasilan di dunia ini.

Lo, bagaimana mereka yang merupakan pengguna internet pemula kok bisa sukses di bisnis ini?

Jawabannya adalah karena ketekunan dan jiwa pantang menyerah mereka untuk selalu belajar tentang dunia ini. Ingat karena bisnis ini berbasis internet maka bagi pegiat bisnis online harus tidak bosan untuk selalu mengupgrade pengetahuan mereka tentang perkembangan software-software dan teknologi internet.

Kita ingatkan kembali perkataan pakar bisnis om Bob Sadino tentang rumusan "Belajar Goblok Dari Bob Sadino" yaitu intinya adalah dengan MENJADI ORANG GOBLOK DULU BARU BERBISNIS. Maksudnya adalah kita tahu bahwa orang goblok itu TIDAK PERNAH berfikir panjang tentang menjalankan suatu usaha, asal ada niat maka langsung aja MAJU dan TIDAK BERFIKIR untung rugi, kesulitan-kesulitannya dan sebagainya. Nah ini yang membuat mereka menjadi maju dan berhasil.
Hal ini berbeda kalau yang mau berbisnis itu orang yang pintar. Mereka harus menyiapkan daftar panjang manajemen usahanya, menyiapkan analisa-analisa usaha, memperhitungkan untung dan rugi, dan tetek bengek yang lainnya. Jika ada suatu kendala sedikit saja pasti akan membuat mereka berfikir panjang untuk menyelesaikan masalah itu sebelum mereka memulai usahanya. Nah bagaimana mereka akan memulai usaha dan menemukan permasalahan yang sebenarnya jika memulai saja belum.  

Oke, kesimpulannya mau bisnis online atau bisnis offline semuanya harus didasarkan pada NIAT dan PANTANG MENYERAH sobat. Sehebat apapun bisnis kita kalau baru sebatas pemikiran maka itu tidak akan terwujud, namun sebaliknya bisnis yang kecil dan sederhana asal segera dilakukan dan tekun serta pantang menyerah maka akan mampu mambuat sobat menjadi pengusaha yang sukses.

Semoga postingan ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua, aamiiiin

Wassalam


Seorang Online Entrepreneur. Suka travelling, Online Marketing juga Networking.

0 comments: