Jaringan 5G Siap Dinikmati Tahun 2018 ini

7:45 PM 0 Comments


Jaringan 5G Siap Dinikmati Tahun 2018 ini- Jaringan 5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebih dari standar 4G. 

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa gaung jaringan 4G masih belum habis di Indonesia, dimana banyak operator jaringan dan vendor smartphone berlomba-lomba untuk mempromosikan produk mereka. Namun ternyata teknologi yang direncanakan dirilis untuk sistem operasi seluler pada tahun 2020 ini akan dimajukan menjadi di akhir tahun 2018

Hal tersebut terkait dengan pengaturan standar jaringan 5G yang telah ditetapkan oleh The 3rd Generation Partnership Project (3GPP), organisasi yang mengatur standar seluler di kancah internasional

Begitu mengetahui penetapan itu, beberapa operator jaringan terkemuka di dunia terlihat saling berlomba untuk mulai menggunakannya untuk standar baru jaringan mereka. Salah satunya AT&T, operator terkemuka dari Amerika Serikat itu bahkan sudah optimis pada akhir tahun 2018 pengguna jaringan mereka akan bisa merasakan teknologi baru itu.

Dikutip dari USA Today, Jumat (5/1/2018), AT&T akan bergerak cepat untuk mulai menerapkan mobile 5G tahun ini dan mulai membuka masa depan konektivitas untuk konsumen dan bisnis, ujar Melissa Arnoldi, President AT&T Technology and Operations.

Rencananya jaringan ini baru tersedia untuk 12 kota di Amerika Serikat pada akhir tahun ini. Namun tidak disebutkan kota mana saja yang dimaksud.

Ternyata operator yang akan ikut "berlomba" untuk menjadi yang pertama mencetuskan jaringan 5G bukan hanya AT&T saja. Tercatat ada operator Verizon dan Sprint yang akan mengumumkan jaringan baru ini di tahun 2019. Dan T-Mobile juga akan mengumumkannya di tahn 2020. Yang akhirnya AT&T lah yang telah mencuri start untuk mengumumkan penggunaannya di tahun 2018.  

Meski begitu perlu ditunggu pada kenyataannya. Siapakah nanti yang akan benar-benar yang pertamakali akan menerapkannya dalam jaringan operator mereka. 

Termasuk dalam hal ini siapakah operator dalam negeri yang akan mulai menerapkan dalam layanan jaringannya di Indonesia. Patut kita tunggu gebrakannya.


Seorang Online Entrepreneur. Suka travelling, Online Marketing juga Networking.

0 comments: