Kenapa HP Xiaomi Harganya Murah?

7:35 PM , 0 Comments

Assalamualaikum...
Jumpa lagi dengan blogmrlutvie
Dunia teknologi khususnya gadget setiap hari semakin dimanjakan oleh terobosan-terobosan baru. Setiap saat bermunculan bermacam gadget baru dengan segudang fasilitas yang diunggulkan. Dengan spesifikasi yang semakin hari semakin bertambah maju. Berbagai macam brand pun mau tidak mau harus selalu mengupdate "amunisi" gadgetnya masing-masing jika tidak ingin terkikis oleh persaingan yang begitu ketat.

Bahkan konsumen sekarang semakin pintar memilih. Eloknya brand kelas dunia yang sudah mempunyai jaringan penjualan yang kuat tidak serta merta membuat konsumen langsung menentukan pilihan kepada mereka. Namun spesifikasi yang gahar yang dipadu dengan harga yang pas di kantong, itulah yang bakal dilirik konsumen. Tak pelak hal ini dimanfaatkan oleh brand-brand lokal yang menawarkan strategi itu.

Adalah Xiaomi, sebuah brand lokal yang bisa dibilang fenomenal. Mereka bagaikan sebuah grup indie yang tidak pernah muncul di permukaan dengan beragam komersialisme telah bertumbuh menjadi sebuah perusahaan yang mulai diperhitungkan.

Mulai berdiri pada tahun 2010 tidak membuat mereka berkecil hati di tengah persaingan global yang sudah begitu ketat. Mereka pun menerapkan berbagai macam jurus-jurus yang akhirnya membuat mereka menjadi brand yang mempunyai ciri khas harga MURAH namun berfitur KELAS TINGGI. Lalu apa rahasianya brand Xiaomi bisa membuat gadget yang bervisi seperti itu? Mari kita simak bersama.

Baca juga : Resep untuk membuat anda menjadi suami yang perkasa

1. Pemasaran yang cerdik
Kalau brand lain bersaing memasarkan produk mereka dengan cara memasang iklan di berbagai media komersil, justru Xiaomi berfikiran lain. Mereka malah memanfaatkan media online untuk memasarkan gadget mereka. Mereka tidak malu dikatakan kalau tidak punya modal. Prinsip mereka harga produk bisa ditekan lebih dalam dengan metode pemasaran seperti ini.
Bahkan Presiden sekaligus pendiri Xiaomi, Lin Bin mengatakan "Hanya dibutuhkan empat tahun untuk bertumbuh dari 100 pengguna MIUI (antarmuka Android pada perangkat Xiaomi) pertama hingga mencapai angka 70 juta,". Ini menunjukkan betapa dahsyatnya efek dari pemasaran online.

2. Kerjasama dengan produsen Hardware

Pihak Xiaomi ternyata juga telah melakukan kerjasama yang strategis dengan produsen chipset terkemuka Qualcomm. Maka berbagai HP Xiaomi yang dipersenjatai oleh processor Snapdragon ini didapatkan dengan harga yang lebih murah, meski kualitasnya tetap sama dengan yang dipakai oleh brand-brand global.

3. Gaji karyawan yang murah

Salah satu kunci untuk menekan biaya operasional Xiaomi adalah dengan cara menekan gaji karyawan. Negara China yang seperti kita ketahui merupakan negara yang berpenduduk sangat besar nomor satu di dunia. Dan salah satu masalah yang mereka dapati adalah sulitnya untuk mendapatkan lowongan pekerjaan. Nah lagi-lagi Xiaomi mengambil keuntungan ini. Mereka pun membuka lowongan pekerjaan dimana salah satu poin pentingnya adalah dengan memberikan gaji yang tidak terlalu besar.
 
4. Market share oriented

Ketika para produsen global mengambil margin keuntungan yang besar guna menutupi berbagai biaya-biaya yang ada. Xiaomi dengan "harga murahnya" hanya mengambil margin keuntungan yang sedikit. Namun dengan margin yang minim ini membuat Xiaomi ingin menancapkan kukunya di kalangan konsumen yang sebelumnya sudah dikuasai oleh brand lain. Strategi yang efektif ini diharapkan akan semakin memperbesar market share mereka sehingga keuntungan pun akhirnya juga ikut terdongkrak.
 
5. Jago membidik pasar
Indonesia merupakan salah satu bidikan pasar Xiaomi. Mereka melihat antusiasme masyarakat terhadap produk-produk mereka. Maka dengan cepat Xiaomi melakukan sebuah langkah untuk mengamankan pasar mereka di Indonesia. Mereka membuat perusahaan smartphone di Indonesia yang membuat lahirnya Xiaomi Redmi 4A.
 
6. Paket penjualan yang minim 

Nah hal yang sepele namun diperhitungkan dengan cermat adalah paket penjualan. Jika brand lain umumnya menyertakan headset, maka di Xiaomi tidak. Bahkan buku-buku panduan pun terkesan hanya sebagai pelengkap isi dus saja. Sepele namun dikalikan dengan omset penjualan yang besar maka akan mendatangkan keuntungan yang besar pula.

Itulah diantaranya beberapa rahasia jurus-jurus marketing yang dahsyat dan saya pikir fenomenal juga karena memang sangat berbeda sekali jika dibandingkan dengan brand-brand lain yang sudah lebih dulu hadir. Kita tunggu saja seberapa dahsyat lagi kelanjutan ceritanya. Apakah nanti akan sanggup menggeser brand-brand top seperti Samsung, LG, Lenovo, Sony, Asus dan lain-lainya. Kita tunggu saja!

   
 Baca juga 6 Handphone Xiaomi yang telah resmi masuk ke Indonesia










   

Seorang Online Entrepreneur. Suka travelling, Online Marketing juga Networking.

0 comments: