Donald Trump Melarang Ponsel Masuk di Gedung Putih

6:14 PM , 0 Comments

Foto: REUTERS/Jonathan Ernst

Donald Trump Melarang Ponsel Masuk di Gedung Putih. Kembali Donald Trump untuk yang kesekian kalinya membuat suatu gebrakan yang memicu kontroversial seperti yang biasa dia lakukan semenjak menjabat menjadi presiden Amerika. Sebelumnya beredar rumor bahwa November 2017 seluruh staf akan dilarang menggunakan ponsel pribadi mereka ke dalam lingkungan gedung putih.

Larangan menggunakan perangkat pribadi di Gedung Putih ini awalnya dilaporkan oleh jurnalis The New York Times Maggie Haberman dalam cuitannya.

Pernyataan resmi pun segera dilakukan oleh sekretaris bidang media Gedung Putih Sarah Sanders pada Jumat (5/1/2018).

"Keamanan dan integritas dari sistem teknologi di Gedung Putih merupakan prioritas utama bagi kantor admistrasi Presiden Trump. Oleh karenanya, mulai dari minggu depan, penggunaan perangkat personal baik untuk tamu dan staf akan dilarang di West Wing," demikian kata Sanders dalam pernyataan resminya kepada media.

Yang menarik, ternyata larangan membawa ponsel ini pun juga berlaku bagi para tamu yang berkunjung ke West Wing, kantor Presiden Amerika Serikat. Maka para tamu harus rela jika harus menitipkan ponsel pribadi mereka ke staf khusus yang menangani masalah itu.

Yang menjadi latar belakang Donald Trump Melarang Ponsel Masuk di Gedung Putih karena dinilai rentan terhadap upaya penyerangan para penyusup yang dimungkinkan bisa menyebabkan kebocoran datanya ke pihak lain.

Maka sebagai gantinya untuk sarana komunikasi antar staf dipergunakanlah gadget khusus yang sudah disediakan oleh pihak gedung putih. Perangkat komunikasi ini sudah pasti aman dari kemungkinan gangguan dari pihak luar. Namun karena gadget ini diperuntukkan untuk intern gedung putih, maka mereka akan kesulitan jika ingin menghubungi keluarga mereka dengan pesan singkat (SMS).

Kepada Bloomberg News, Kepala Staf Gedung Putih John Kelly mengatakan, saat ini terlalu banyak perangkat yang terkoneksi ke jaringan wifi Gedung Putih. Sehingga rentan terhadap kebocoran data kepada pihak luar.

Namun diperkirakan larangan penggunaan ponsel ini tidak berlaku untuk pihak media.

Kita lihat saja nanti apakah kebijakan presiden Donald Trump Melarang Ponsel Masuk di Gedung Putih kali ini memang benar-benar dapat membuat sistem informasi mereka dapat lebih aman dari serangan-serangan siber yang kerap membuat pihak gedung putih merasa kecolongan. Ataukah malah para pelaku-pelaku serangan siber itu akan menggunakan cara lain yang lebih canggih.
 

written by :
mrlutvie










Seorang Online Entrepreneur. Suka travelling, Online Marketing juga Networking.

0 comments: