Mengenal Bagian-bagian Komputer dan Fungsinya

8:51 PM 0 Comments

mengenal bagian-bagian komputer dan fungsinya

Mengenal Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya


Mengenal Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya (blogmrlutvie) -  Komputer sebagai alat pengolahan data sudah bukan menjadi barang yang asing bagi kita. Di beberapa macam pekerjaan menggunakannya sebagai alat bantu untuk menyelesaikan tugas.

Namun jika suatu ketika menghadapi permasalahan yang berhubungan dengan komputer itu sendiri apakah anda berfikir untuk bisa memperbaikinya sendiri? Minimal anda tahu letak kesalahan dan kerusakannya. Atau malah anda cukup mengandalkan jasa dari komputer servis untuk menyelesaikannya?

Berikut adalah ulasan tentang mengenal bagian-bagian komputer dan fungsinya yang bisa Anda simak.

Chasing / Case

Casing komputer

Casing umumnya terbuat dari mika atau metal. Casing berfungsi untuk melindungi beragam perangkat penting yang ada di dalamnya. Di dalamnya terdapat perangkat keras yang utama seperti motherboard, floppy disk, power supply, fan, transistor, dan lainnya. Keberadaan chasing berfungsi untuk menghindarkan perangkat dari panas, benturan, dan debu.

Keyboard

Keyboard

Keyboard adalah alat yang berfungsi untuk mengetik atau menuliskan huruf, kode, dan perintah-perintah pada komputer. Keyboard terdiri atas komposisi dari huruf, angka, simbol, dan tombol-tombol perintah. Ada 3 macam macam keyboard yang msih digunakan, yaitu Keyboard USB yang mempunyai konektor berbentuk USB, keyboard PS2 yang mempunyai konektor standar bawaan dari motherboard yang berbentuk bulat, dan keyboard wirelless yaitu jenis yang tanpa menggunakan kabel.

Mouse

Mouse
Mouse (tetikus) adalah alat bantu untuk mengoperasikan komputer. Alat ini berfungsi untuk menjalankan berbagai perintah penting dengan cara melakukan klik pada tombol-tombolnya. Disebut mouse (tikus) karena perangkatnya tersusun dari elemen kabel dengan ujung setengah bulat seperti badan tikus. Jenis mouse yang ada saat ini adalah jenis PS2, USB , dan wireless.

CD/DVD ROM atau CD/DVD RW

CD/DVD ROM/RW

Ada 2 jenis bagian hardware komputer jenis ini. Jenis pertama disebut dengan CD/DVD ROM yang digunakan hanya untuk membaca data yang terdapat pada kepingan CD atau DVD.
Sedangkan CD/DVD RW merupakan perangkat yang biasa digunakan untuk melakukan pembacaan sekaligus untuk menuliskan data baru ke dalam kepingan CD/DVD yang masih kosong, yang biasa disebut dengan proses burning. Perangkat ini berbentuk persegi panjang dengan lubang di tengah yang biasa dipakai untuk mendeteksi kepingan CD atau DVD dengan metode optic.

Power Supply


Power Supply

Hardware ini merupakan bagian yang memeganag perenan penting untuk menyuplai daya yang digunakan dalam menghidupkan dan menstabilkan kinerja perangkat komputer. Power supply bertugas mengubah arus AC menjadi arus DC.
Kenyataannya, perangkat power supply akan mudah mengalami kerusakan apabila ada tegangan yang terlalu rendah atau listrik yang sering mati mendadak. Tegangan listrik yang stabil akan membuat kinerja komputer menjadi maksimal sehingga umur komputer pun akan menjadi semakin lama.

Monitor



Monitor komputer
Monitor komputer
Bagian komputer yang satu ini bertugas untuk menampilkan apapun yang terjadi disaat awal mulai proses booting, proses input data, pemrosesan data, dan outputnya.
Beragam jenis layar monitor sekarang ini dijual dengan berbagai ukuran. Mulai yang ukuran 14" sampai yang terbesar sekalipun sudah tersedia. Bahkan dari yang jenis LCD sampai dengan yang menggusung teknologi touch screen sudah beredar secara umum.

Mainboard / Motherboard

Motherboard Komputer Yang Bagus
Mainboard

Mainboard atau motherboard adalah bagian utama yang menjadi dasar pembangunan sebuah hardware sistem komputer. Bagian ini berupa papan sirkuit yang tersusun atas beragam komponen yang tersemat di dalamnya .

Komponen-komponen tersebut adalah :

a. CPU / Prosesor
CPU/Processor
CPU/Processor


Central processing unit atau CPU adalah perangkat yang biasa digunakan untuk pemrosesan data. Perangkat ini mengontrol semua aktivitas komputer dengan menerjemahkan kode yang dikirim, sehingga speaker bisa mengeluarkan suara, monitor bisa mengeluarkan gambar, dan lainnya. Secara umum, kecepatan CPU untuk penerjemahan perintah komputer terukur dalam satuan GHz.
Pada umumnya model dan jenis processor banyak dibuat oleh 2 perusahaan terkemuka, yaitu Intel Corporation dan AMD.

b. VGA Card / Kartu Grafis

VGA Card Komputer
VGA Card Komputer

Video graphics Array atau VGA Card adalah perangkat lunak dalam komputer yang bertugas menerjemahkan gambar grafis kedalam layar sehingga ketika dilihat tampilan visualnya terlihat berkualitas.
Biasanya untuk membuat performa komputer menjadi lancar dalam menampilkan gambar-gambar dalam game yang berkualitas tinggi, maupun dalam kegiatan mengolah grafis yang cukup tinggi, maka dipakailah jenis VGA yang jenis eksternal. Karena kinerja VGA onboard memang terbatas.

c. Memori RAM

memori RAM
Memori RAM

RAM(Random Access Memory) adalah Perangkat yang digunakan untuk menyimpan data sementara sebagai hasil dari pemrosesan program. RAM dapat dengan mudah kita upgrade menjadi yang lebih besar untuk meningkatkan kecepatan dalam pemrosesan data.
Secara umum, perangkat RAM terdapat dalam kapasitas yang sangat bervariasi mulai dari 2GB, 4GB, dan 60GB.

d. Harddisk


harddisk
Harddisk

Perangkat ini berfungsi untuk menyimpan file-file sistem maupun data pengguna. Perangkat bagian komputer satu ini dikategorikan sebagai memori internal yang menyimpan semua data dalam komputer.

Data yang disimpan di dalam harddisk ini bisa dihapus, diedit atau ditambah sesuai keinginan dari pengguna komputer.

Ukuran kapasitas data yang bisa disimpan di dalam harddisk mencapai ukuran Gigabyte, maupun Terabyte.

Demikian informasi seputar Mengenal Bagian-bagian Komputer dan Fungsinya semoga bermanfaat.

Wassalam.






Seorang Online Entrepreneur. Suka travelling, Online Marketing juga Networking.

0 comments: